Beberapa sikap yang harus diperhatikan dalam melayani nasabah (Kasmir, 2012:256-257) antara lain:
1. Beri kesempatan nasabah berbicara
2. Dengarkan baik – baik
3. Jangan menyela pembicaraan
4. Ajukan pertanyaan setelah nasabah selesai berbicara
5. Jangan marah dan mudah tersinggung
6. Jangan berdebat dengan nasabah
7. Jaga sikap sopan, ramah, dan selalu berlaku tenang
8. Jangan menangani hal – hal yang bukan merupakan pekerjaanya
9. Tunjukkan sikap perhatian dan sikap ingin membantu
Etiket Pelayanan Nasabah
Berikut etiket pelayanan yang dapat diberikan bank oleh pengawai bank dalam rangka pelayanan (Kasmir, 2008:176) adalah:
- Mengucapkan salam pada saat bertemu dengan nasabah, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat sore. Jika kita sudah tahu agama nasabah, misalnya muslim, maka ucapkan assalamualaikum.
- Setelah mengucapkan salam, segera mempersilakan tamu untuk masuk atau duduk dengan sopanatau suruh menunggu sebentar.
- Baik dalam mengucapkan salam maupun mempersilakan tamu untuk masuk atau duduk selalu dengan ramah dan murah senyum.
- Bertanya tentang keperluan nasabah secara ramah, sopan, dan lemah lembut.
- Biasakan mengucapkan tolong atau minta maaf saat meminta nasabah mengisi formulir atau menunggu sesaat.
- Ucapkan kata terima kasih apabila nasabah memberikan saran atau hendak pamit setelah menyelesaikan masalahnya.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Sikap yang benar Melayani Nasabah "
Post a Comment